Selasa, 08 November 2016

SEJARAH KOTA METRO




Kota Metro (Had Lappung:


) adalah salah satu kota di Provinsi Lampung. Berjarak 52 km dari Kota Bandar Lampung (ibukota provinsi),[4] kota ini merupakan kota terbesar kedua di provinsi Lampung. Kota ini juga merupakan kota yang memiliki tingkat kemacetan dan krimnalitas paling rendah di Provinsi Lampung. Kota Metro sempat masuk dalam Daftar 5 kota di Indonesia dengan biaya hidup terendah ke-4 di Indonesia serta urutan pertama dan satu-satunya di Pulau Sumateraberdasarkan survey BPS tahun 2014, dan posisinya digantikan dengan Kota Sibolga, Sumatera Utara. Kini, Kota Metro sedang melakukan pembenahan dan pengembangan kota yang lebih maju seiring terintegerasinya Exit Tol Trans Sumatera Bakauheni-Terbanggi Besaryang terletak di Kecamatan Batanghari Ogan, Pesawaran yang menuju ke Kota Metro. Kota Metro juga merupakan target cetak biru Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia sebagai kawasan strategis dan target pengembangan kota metropolitan setelah Bandar Lampung.









Sejarah Kota Metro

Zaman penjajahan Belanda


Kolonis Tiba di Metro (1939) 


Sejarah kelahiran Kota Metro bermula dengan dibangunnya kolonisasi dan dibentuk sebuah induk desa baru yang diberi nama Trimurjo. Sebelum tahun 1936, Trimurjo adalah bagian dari Onder Distrik Gunungsugih [5] yang merupakan bagian dari wilayah Marga Nuban. Kawasan ini adalah daerah yang terisolasi tanpa banyak pengaruh dari penduduk lokal Lampung. [6] Namun, pada awal tahun 1936 Pemerintah kolonial Belanda mengirimkan migran orang-orang Jawa (kolonis) ke wilayah ini untuk mengurangi kepadatan penduduk di Pulau Jawa dan mengurangi kegiatan para aktivis kemerdekaan. [7]Kelompok pertama tiba pada tanggal 4 April 1936.[8]


Pada tanggal 9 Juni 1937, nama daerah itu diganti dari Trimurjo ke Metro [9] dan pada tahun yang sama berdiri sebagai pusat pemerintahan Onder Distrik (setingkat kecamatan) dengan Raden Mas Sudarto sebagai asisten kepala distrik (asisten demang) pertama. Onder Distrik dikepalai oleh seorang Asisten Demang, sedangkan Distrik dikepalai oleh seorang Demang. Sedangkan atasan daripada Distrik adalah Onder Afdeling yang dikepalai oleh seorang Controleur berkebangsaan Belanda. Tugas dari Asisten Demang mengkoordinasi Marga yang dikepalai oleh Pesirah dan di dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh seorang Pembarap (Wakil Pesirah), seorang Juru Tulis dan seorang Pesuruh (Opas). Pesirah selain berkedudukan sebagai Kepala Marga juga sebagai Ketua Dewan Marga. Pesirah dipilih oleh Penyimbang-penyimbang Kampung dalam Marganya masing-masing. 


Kediaman asisten wedana Metro pada masa Hindia Belanda


Marga terdiri dari beberapa Kampung yaitu dikepalai oleh Kepala Kampung dan dibantu oleh beberapa Kepala Suku. Kepala Suku diangkat dari tiap-tiap Suku di kampung itu. Kepala Kampung dipilih oleh Penyimbang-penyimbang dalam kampung. Pada waktu itu Kepala Kampung harus seorang Penyimbang Kampung, jikalau bukan Penyimbang Kampung tidak bisa diangkat dan Kepala Kampung adalah anggota Dewan Marga. 


Selama periode yang sama, pemerintah kolonial Belanda membangun lebih banyak jalan, juga klinik, kantor polisi, dan kantor administrasi.[10]Pada tahun 1941 dibangun sebuah masjid, kantor pos, pasar yang besar, dan penginapan, serta pemasangan listrik dan saluran telepon.[11] Pengembangan berikutnya adalah dibangunnya irigasi untuk memastikan tanaman yang sehat. Belanda memperkerjakan Ir. Swam untuk merancang sistem irigasi. Desainnya dikenal dengan nama tanggul (bahasa Perancis "leeve", sekarang bentukan ini dikenal dengan "ledeng") selebar 30 meter dan sedalam 10 meter saluran irigasi dari Sungai Way Sekampung ke Metro. Buruh disediakan oleh pendatang, yang diwajibkan dan bekerja dalam shift. Konstruksi dimulai pada tahun 1937 dan selesai pada tahun 1941.[12]
Zaman penjajahan Jepang


Setelah invasi Jepang di Indonesia pada tahun 1942, semua personil Belanda dievakuasi atau ditangkap. [13] Program migrasi dilanjutkan di bawah nama Kakari Imin, [14] dan tujuh puluh migran Jawa digunakan sebagai kerja paksa dalam pembangunan landasan di Natar dan Astra Ksetra, serta berbagai bunker dan aset strategis lainnya; mereka yang menolak ditembak.[13]


Warga lainnya kurang gizi, dengan hasil panen mereka yang diambil oleh pasukan pendudukan Jepang. Penyakit menyebar secara merajalela ke seluruh warga, yang dibawa oleh kutu. Kematian umum terjadi, sedangkan para perempuan termasuk istri-istri para pekerja paksa, diambil sebagai wanita penghibur.[14]


Pada zaman Jepang, Residente Lampoengsche Districten diubah namanya oleh Jepang menjadi Lampung Syu. 


Lampung Syu dibagi dalam 3 (tiga) Ken, yaitu: 
Teluk Betung Ken 
Metro Ken 
Kotabumi Ken 


Wilayah Kota Metro sekarang, pada waktu itu termasuk Metro Ken yang terbagi dalam beberapa Gun, Son, Marga-marga dan Kampung-kampung. Ken dikepalai oleh Kenco, Gun dikepalai oleh Gunco, Son dikepalai oleh Sonco, Marga dikepalai oleh seorang Margaco, sedangkan Kampung dikepalai oleh Kepala Kampung. 


Selama perang kemerdekaan Indonesia, Belanda berusaha untuk merebut kembali Metro. Ketika mereka pertama kali tiba, mereka tidak dapat masuk jembatan ke kota Tempuran karena telah dihancurkan oleh pasukan 26 TNI di bawah komando Letnan Dua (Letda) Bursyah; konvoi Belanda terpaksa mundur. Namun, hari berikutnya Belanda kembali dalam jumlah yang lebih besar dan menyerang dari Tegineneng, akhirnya memasuki kota dan menewaskan tiga tentara Indonesia. [15]. Untuk mengenang peristiwa ini, dibangunlah sebuah monumen di Tempuran, Lampung Tengah tepatnya di pintu masuk Kota Metro. 
Zaman Indonesia merdeka


Setelah Indonesia merdeka dan dengan berlakunya pasal 2 Peraturan Peralihan UUD 1945, maka Metro Ken menjadi Kabupaten Lampung Tengah termasuk Kota Metro di dalamnya. Berdasarkan Ketetapan Residen Lampung No. 153/ D/1952 tanggal 3 September 1952 yang kemudian diperbaiki pada tanggal 20 Juli 1956 ditetapkan: 
Menghapuskan daerah marga-marga dalam Keresidenan Lampung. 
Menetapkan kesatuan-kesatuan daerah dalam Keresidenen Lampung dengan nama "Negeri" sebanyak 36 Negeri. 
Hak milik marga yang dihapuskan menjadi milik negeri yang bersangkutan. 


Dengan dihapuskannya Pemerintahan Marga maka sekaligus sebagai nantinya dibentuk Pemerintahan Negeri. Pemerintahan Negeri terdiri dari seorang Kepala Negeri dan Dewan Negeri, Kepala Negeri dipilih oleh anggota Dewan Negeri dan para Kepala Kampung. Negeri Metro dengan pusat pemerintahan di Metro (dalam Kecamatan Metro). 


Dalam praktik, dirasakan kurangnya keserasian antara pemerintahan, keadaan ini menyulitkan pelaksanaan tugas pemerintahan oleh sebab itu Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Lampung pada tahun 1972 mengambil kebijaksanaan untuk secara bertahap Pemerintahan Negeri dihapus, sedangkan hak dan kewajiban Pemerintahan Negeri beralih kepada kecamatan setempat. 
Asal nama Kota Metro


Versi pertama nama Metro berasal dari kata “Meterm” dalam Bahasa Belanda yang artinya “pusat" yang artinya di tengah-tengah antara Lampung Tengah dan Lampung Timur, bahkan ditengah (center) Provinsi Lampung.[9][16]. Versi kedua nama Metro berasal dari kata "Mitro" (Bahasa Jawa) yang berarti artinya teman, mitra, kumpulan. Hal tersebut dilatarbelakangi dari kolonisasi yang datang dari berbagai daerah di luar wilayah Sumatera yang masuk ke daerah Lampung. .[9] Namun, yang paling relavan adalah, Metro berasal dari bahasa Belanda, ini didukung kuat dengan sejarah dan berdirinya sebuah landmark berupa menara yang dinamakan Menara Meterm (Meterm Tower) yang berada di Taman Merdeka, Alun-Alun Kota Metro. Pada zaman kemerdekaan nama Kota Metro tetap Metro. Dengan berlakunya Pasal 2 Peraturan Peralihan Undang-undang Dasar 1945 maka Metro Termasuk dalam bagian Kabupaten Lampung Tengah yang dikepalai oleh seorang Bupati pada tahun 1945, yang pada waktu itu Bupati yang pertama menjabat adalah Burhanuddin (1945-1948). 
Hari jadi Kota Metro


Sejarah kelahiran Kota Metro bermula dengan dibangunnya sebuah induk desa baru yang diberi nama Trimurjo. Dibangunnya desa ini dimaksudkan untuk menampung sebagian dari kolonis yang didatangkan oleh perintah Hindia Belanda pada tahun 1934 dan 1935, serta untuk menampung kolonis-kolonis yang akan didatangkan berikutnya. Pada zaman pelaksanaan kolonisasi selain Metro, juga terbentuk onder distrik yaitu Pekalongan, Batanghari, Sekampung, dan Trimurjo. Kelima onder distrik ini mendapat rencana pengairan teknis yang bersumber dari Way sekampung yang pelaksanaannya dilaksanakan oleh para kolonisasi-kolonisasi yang sudah bermukim di onder distrik yang biasa disebut bedeng-bedeng dimulai dari Bedeng 1 bertempat di Trimurjo dan Bedeng 67 di Sekampung, yang kemudian nama bedeng tersebut diberi nama, contohnya Bedeng 21, Yosodadi. 


Kedatangan kolonis pertama di desa Trimurjo yaitu pada hari Sabtu tanggal 4 April 1936 yang ditempatkan pada bedeng-bedeng kemudian diberi penomoran kelompok bedeng, dan sampai saat ini istilah penomorannya masih populer dan masih dipergunakan oleh masyarakat Kota Metro pada umumnya. Jika datang ke kota ini lebih mudah menemukan daerah dengan istilah angka-angka/bedeng. Misal di Trimurjo ada bedeng 1, 2, 3, 4, 5, 6c, 6 polos, 6b, 6d, 7a, 7c, 8, 10, 11a, 11b, 11c, 12a, 12b, 12c, 13 dan seterusnya sampai 67 di Sekampung (sekarang masuk dalam wilayah Kab. Lampung Timur). Bedeng yang termasuk kota Metro yaitu 14-1 (Ganjar Agung), 14-2, 15, 16a, 16c, dan seterusnya. Bedeng di Kota Metro kini sering disebut juga dengan sebutan Distrik yang membuat semakin menguatkan akan kentalnya sejarah bekas kolonisasi penjajahan Belanda di kota ini. Di Kota Metro banyak masyarakat yang menyebutkan nomor bedeng/distrik tersebut dikarenakan lebih mudah dengan sebutan 16c dibanding Mulyojati, daerah 22a dibanding Hadimulyo Timur, atau 21c dibanding Yosomulyo. 


Setelah ditempati oleh para kolonis dari pulau Jawa, daerah bukaan baru yang termasuk dalam kewedanaan Sukadana yaitu Marga Unyi dan Buay Nuban ini berkembang dengan pesat. Daerah ini menjadi semakin terbuka dan penduduk kolonis pun semakin bertambah, sementara kegiatan perekonomian mulai tambah dan berkembang. 


Berdasarkan keputusan rapat Dewan Marga tanggal 17 Mei 1937 daerah kolonisasi ini diberikan kepada saudaranya yang menjadi koloni dengan melepaskannya dari hubungan marga. Dan pada Hari selasa tanggal 9 Juni 1937 nama desa Trimurjo diganti dengan nama Metro. Tanggal 9 Juni inilah yang menjadi dasar penetapan Hari Jadi Kota Metro, sebagaimana yang telah dituangkan dalam perda Nomor 11 Tahun 2002 tentang Hari Jadi Kota Metro.

Pemerintahan


Kota Metro dipimpin oleh seorang Walikota. Dikarenakan keadaan dan status wilayah yang ada di Kota Metro. Saat ini, jabatan Wali kota Metro dijabat oleh Walikota Achmad Pairin dengan jabatan Wakil Walikota dijabat oleh Djohan.


Sebelum 1986

Sebelum menjadi kota administratif pada tahun 1986, Metro berstatus kecamatan yakni kecamatan Metro Raya dengan 6 (enam) kelurahan dan 11 (sebelas) desa.


Adapun 6 kelurahan itu adalah:
Kelurahan Metro
Kelurahan Mulyojati
Kelurahan Tejosari
Kelurahan Yosodadi
Kelurahan Hadimulyo
kelurahan Ganjar Agung


Sedangkan 11 desa tersebut adalah:
Desa Karangrejo
Desa Banjar Sari
Desa Purwosari
Desa Margorejo
Desa Rejomulyo
Desa Sumbersari
Desa Kibang
Desa Margototo
Desa Margajaya
Desa Sumber Agung
Desa Purbosembodo
1986 sampai dengan 2000


Atas dasar Peraturan Pemerintah No. 34 tahun 1986 tanggal 14 Agustus 1986 dibentuk Kota Administratif Metro yang terdiri dari Kecamatan Metro Raya dan Bantul vang diresmikan pada tanggal 9 September 1987 oleh Menteri Dalam Negeri.


Pada perkembangannya lima desa di seberang Way Sekampung atau sebelah selatan Wav Sekampung dibentuk menjadi satu kecamatan, yaitu kecamatan Metro Kibang dan


dimasukkan ke dalam wilayah pembantu Bupati Lampung Tengah wilayah Sukadana (sekarang masuk menjadi Kabupaten Lampung Timur). Dan pada tahun yang sama terbentuk 2 wilayah pembantu Bupati yaitu Sukadana dan Gunung Sugih.


Dengan kondisi dan potensi yang cukup besar serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, Kotif Metro tumbuh pesat sebagai pusat perdagangan, pendidikan, kebudayaan dan juga pusat pemerintahan, maka sewajarnyalah dengan kondisi dan potensi yang ada tersebut Kotif Metro ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Metro.


Harapan memperoleh Otonomi Daerah terjadi pada tahun 1999, dengan dibentuknya Kota Metro sebagai daerah otonom berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1999 yang diundangkan tanggal 20 April 1999 dan diresmikan pada tanggal 27 April 1999 di Jakarta bersama-sama dengan Kota Dumai (Riau), Kota Cilegon, Kota Depok (Jawa Barat ), Kota Banjarbaru (Kalsel) dan Kota Ternate (Maluku Utara).


Kota Metro pada saat diresmikan terdiri dari 2 kecamatan, yang masing-masing adalah sebagai berikut:


Kecamatan Metro Raya, membawahi:
Kelurahan Metro
Kelurahan Ganjar Agung
Kelurahan Yosodadi
Kelurahan Hadimulyo
Kelurahan Banjarsari
Kelurahan Purwosari
Kelurahan Karangrejo


Kecamatan Bantul, membawahi:
Kelurahan Mulyojati
Kelurahan Tejosari
Desa Margorejo
Desa Rejomulyo
Desa Sumbersari
2000 sampai sekarang


Kota Metro terbagi atas 5 kecamatan berdasarkan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 25 Tahun 2000 tentang Pemekaran Kelurahan dan Kecamatan di Kota Metro, wilayah administrasi pemerintahan Kota Metro dimekarkan menjadi 5 kecamatan yang meliputi 22 kelurahan.
Metro Barat: 11,28 km²
Metro Pusat: 11,71 km²
Metro Selatan: 14,33 km²
Metro Timur: 11,78 km²
Metro Utara: 19,64 km²




Peta Administrasi Kota Metro


Kecamatan Metro Pusat
Kelurahan Metro
Kelurahan Imopuro
Kelurahan Hadimulyo Timur
Kelurahan Hadimulyo Barat
Kelurahan Yosomulyo


Kecamatan Metro Timur
Kelurahan Iringmulyo
Kelurahan Yosodadi
Kelurahan Yosorejo
Kelurahan Tejosari
Kelurahan Tejoagung


Kecamatan Metro Barat
Kelurahan Mulyojati
Kelurahan Mulyosari
Kelurahan Ganjar Asri
Kelurahan Ganjar Agung


Kecamatan Metro Utara
Kelurahan Banjar Sari
Kelurahan Karang Rejo
Kelurahan Purwosari
Kelurahan Purwoasri


Kecamatan Metro Selatan
Kelurahan Sumbersari
Kelurahan Margorejo
Kelurahan Margodadi
Kelurahan Rejomulyo
Perluasan wilayah


Dengan alasan historis, kota Metro menegaskan dukungan sepenuhnya atas ekspansi hingga ke Kecamatan Punggur (Lampung Tengah), Pekalongan (Lampung Timur), Trimurjo (Lampung Tengah) , dan Metrokibang (Lampung Timur).[17]Namun kurang berjalan sesuai rencana. Bupati Lampung Tengah sebenarnya mengizinkannya kalau diizinkan oleh pemerintah pusat. [18]



Perluasan wilayah


Dengan alasan historis, kota Metro menegaskan dukungan sepenuhnya atas ekspansi hingga ke Kecamatan Punggur (Lampung Tengah), Pekalongan (Lampung Timur), Trimurjo (Lampung Tengah) , dan Metrokibang (Lampung Timur).[17]Namun kurang berjalan sesuai rencana. Bupati Lampung Tengah sebenarnya mengizinkannya kalau diizinkan oleh pemerintah pusat. [18]
Wali kota/wakil wali kota


Sejak berstatus sebagai kota otonom, tahun 1999, Wali kota/Wakil Walikota Metro secara berturut-turut adalah:

(Pic Running)
Mozes Herman/Lukman Hakim (2000-2005)

MS. Joko Umar Said (Pj. Walikota Metro Periode 2004-2005)


Lukman Hakim/Djohan (2005-2010)

Lukman Hakim/Shaleh Chandra (2010-2015)

Periode 2016


Achmad Pairin/Djohan (2016-2021)






Perwakilan 


Pada Pemilu Legislatif 2014, DPRD Kota Metro adalah sebanyak 25 orang dan tersusun dari perwakilan 8 partai.[19]


Perangkat

Kota Metro dibentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1999 yang peresmiannya dilakukan di Jakarta pada tanggal 27 April 1999. Struktur Organisasi Pemerintah Kota Metro pada mulanya dibentuk melalui Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2001 yang terdiri dari 9 Dinas Otonom Daerah, yaitu: 10 Bagian Sekretariat Daerah, 4 Badan dan 2 Kantor. Dalam perkembangan berikutnya, dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003, Pemerintah Daerah Kota Metro melakukan penataan organisasi Perangkat Daerah sebagaimana diatur dalam Perda Nomor 3 Tahun 2003 tentang Pembentukan Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah.


Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Metro adalah sebagai berikut:

Sekretariat Daerah, terdiri dari:
Asisten I/Pemerintahan, meliputi Bagian Pemerintahan, Bagian Hukum, Bagian Humas dan Protokol.
Asisten II/Pembangunan, meliputi Bagian Perekonomian, Administrasi Pembangunan, Kesejahteraan Rakyat dan Pemberdayaan Perempuan.
Asisten III/Administrasi, meliputi Bagian Organisasi, Bagian Keuangan Bagian Perlengkapan dan Bagian Umum.
Sekretariat DPRD, terdiri dari:
Bagian Persidangan
Bagian Hukum
Bagian Keuangan
Bagian Umum
Dinas Daerah, terdiri dari:
Dinas Pekerjaan Umum
Dinas Kesehatan
Dinas Pendidikan
Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga
Dinas Tata Kota dan Lingkungan Hidup
Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan
Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM
Dinas Tenaga Kerja dan Sosial
Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan dan Perikanan
Dinas Perdagangan dan Pasar
Dinas Pendapatan Daerah

Lembaga Teknis Daerah, terdiri dari:

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah
Inspektorat Kota Metro
Badan Kepegawaian Daerah
Badan Kependudukan, Catatan Sipil dan Keluarga Berencana
Rumah Sakit Umum Ahmad Yani
Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat
Kantor Pelayanan Administrasi Perizinan Terpadu
Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah
Satuan Polisi Pamong Praja
Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah

Layanan publik

Rumah sakit dan klinik
RSUD Ahmad Yani Metro
RS Islam Metro
RS Mardi Waluyo
RSU Muhammadiyah
RSIA AMC (Anugerah Medical Center)
RSIA Permata Hati
Klinik Laodikia, Hadimulyo Timur
Klinik Azizah, District 15B Timur
Klinik Nabawi Medika, District 16c Metro Barat
Puskesmas Metro Pusat
Puskesmas Metro Utara
Puskesmas Metro Selatan
Puskesmas Metro Timur
Puskesmas Metro Barat


Perpustakaan


Untuk mendukung Metro sebagai kota pendidikan dibangun sebuah gedung perpustakaan di jantung kota tepatnya di Kawasan II Pusat Pemerintahan Kota Metro. Bangunan ini dilengkapi sumber pustaka, arsip daerah dan sejarah, Koneksi Internet WiFi fiber optic kecepatan tinggi dan air conditioning (AC). Perpustakaan ini dibangun sejak tahun 2002 hingga sekarang sekarang. Perpustakaan yang dibiayai anggaran pemerintah daerah ini merupakan langkah awal jangka panjang menyediakan jasa pendidikan bagi masyarakat Kota Metro dan kabupaten sekitarnya.


Hotel


· Hotel Masdalifa

· Hotel Indah Permai

· Hotel Citra I

· Hotel Citra II

· Hotel Citra III

· Hotel Familie 2

· Hotel Nuban

· Hotel Grand Skuntum



Masjid Taqwa di Alun Alun Kota Metro Setelah Direnovasi


Rumah ibadah


· Masjid Taqwa Kota Metro


· Gereja Katholik Hati Kudus Yesus 21a Metro


· Wihara Buddha Dharma Dipa


Fasilitas olahraga


Kota Metro memiliki beberapa fasilitas olah raga di antaranya:

· GOR Jurai Siwo

· Lapangan Tenis Metro

· Stadion Tejosari

· Lapangan Samber

· Lapangan Hadimulyo Barat

· Lapangan Hadimulyo Timur (Lap. SD)

· Lapangan Futsal di berbagai tempat seperti Intan Sport, Wawai Sport Center, dan lain-lain.


Landmark atau ikon kota


· Tugu Pena Buku, Bundaran Kota Metro

· Tugu Metrem, Taman Merdeka Metro

· Menara Air Kota Sehat Metro

· Tugu pesawat Latisardanus

· Monumen Buku dan Pena Perbatasan Ganjar Agung, Kota Metro - Trimurjo, Lam-Teng

· Masjid Agung Taqwa, Alun-Alun Metro

· Monumen Pengantin Lampung




Hutan kota

Saat ini Metro sedang meletakkan dasar bagi perkembangan sebuah kota masa depan. Ruang publik dan hutan kota dirawat dan ditambah untuk paru-paru kota dan tempat komunikasi warga. Hutan kota yang terdaftar yaitu:


· Hutan Kota Linara Tejoagung - Metro Timur

· Hutan Kota Stadion Tejosari – Metro Timur

· Hutan Kota Terminal 16 C Mulyojati – Metro Barat

· Hutan Kota Tesarigaga Ganjarasri dan Ganjaragung - Metro Barat

· Bumi Perkemahan Sumbersari – Metro Selatan

· Hutan Kota Rejomulyo, SMAN 6 Metro Selatan


Taman kota

· Taman Merdeka, Alun Alun Kota Metro

· Taman Demokrasi di Kelurahan Ganjar Agung

· Taman Mulyojati

· Taman Induk Terminal

· Taman Pendidikan Kihajar Dewantara di Keluruhan Iringmulyo (Depan RUSUNAWA PU, Metro) yang dilengkapi Wifi Fiber Optic

Selain taman diatas, terdapat pulaTaman Dinas Pertanian dan Perikanan, Ganjar Agung tepatnya didepan Hotel Indah Permai, Ganjar Agung namun kondisinya kini sangat tidak terawat.


Pariwisata dan hiburan

· Waterpark and Waterboom Palem Indah


· Kolam Renang Stadion Tejosari

· Bendungan Dam Raman

· Taman Griya Kebun 38


· Jembatan Gantung 28, Metro Utara

· Grand Charly VHT Family Karaoke

· Inul Vizta Family KTV

· Jembatan Gantung Pelita, Rejomulyo, Metro Selatan


· Goa Prasejarah Wara, 


· Goa Prasejarah Macan, 

Sayangnya, situs warisan kolonial belanda yang dimiliki Kota Metro yaitu Masjid Taqwa, Kota Metro kini telah hilang dan digantikan dengan arsitektur yang lebih modern dan mewah.

· Timezone Center, Chandra Dept. Store Lt.3 Kota Metro


Event khusus atau acara besar


Walaupun Kota metro merupakan kota kecil, namun event dan acara besar sering ditemui setiap tahunnya. Selain mempromosikan Kota Metro,Event ini juga dimanfaatkan sebagai destinasi wisata daerah.


· Metro Fair

Metro Fair adalah pameran tahunan yang ada di Kota Metro. WMetro Fair biasanya berlangsung selama satu minggu penuh atau lebih dari awal Juni untuk memperingati hari jadi Kota Metro.

Metro Fair pertama diadakan pada tahun 2000. Sampai saat ini setiap tahun penyelenggaraannya tidak pernah terputus. Dari 2000 sampai 2016 metro fair sering berlangsung di Monas. Namun dalam beberapa tahun yang lalu, Metro Fair pernah diadakan di Stadion Tejosari, 24 Metro Timur namun pengunjung yang datang sedikit akibat jarak tempuh yang jauh dan dikelilingi sawah.

· MTQ Tingkat Kota Metro

MTQ kini sudah lama di Kota Metro. Kota Metro akan menjadi tuan rumah MTQ Privinsi Lampung ke 43[20]. Kini, tidak hanya lagu yang dilombakan, juga termasuk cerdas cermat, pidato, kaligrafi, dan lain sebagainya.MTQ juga diselenggarakan antar dan di dalam instansi tertentu.


· Festival Putri Nuban


Nama Festival Putri Nuban (FPN) mulai dikenalkan sejak tahun 2013, ketika Kota Metro genap berusia 76 tahun. Festival ini turut merayakan hari ulang tahun Kota Metro yang biasanya digelar setiap tanggal 9 Juni yang disebut Metro Fair. Penamaan Nuban sendiri berasal dari nama keresidenan/marga yang memberikan sebagian wilayahnya (termasuk Keresidenan Sukadana) kepada kolonis pada masa penjajahan dahulu.

Bioskop


Walau Metro sebuah kota kecil, tempo dulu sekitar tahun 1990-an telah bediri 4 bioskop yaitu Nuban Ria Theater,Metropole Theather, Department Store Chandra, Bioskop Misbar (Gerimis Bubar) dan Bioskop Shopping (Pertokoan Metro). Namun kini tak ada satupun yang masih bertahan. Bahkan, bangunan bioskom sudah digantikan dengan bangunan yang baru atau dialih fungsikan seperti Bioskop Nuban Ria yang dihancurkan dan diganti dengan Ruko Nuban Center senada dengan Metropole Theater, Department Store Chandra yang beralih fungsi sebagai kanal fashion di Departement Store Chandra serta Bioskop Misbar yang kini menjadi ruko dan bangunan rumah



Keripik Pisang Khas Metro, Lampung


Makanan khas



· Keripik pisang


Keripik pisang merupakan oleh-oleh khas Lampung yang dijual di Yosodadi, Distrik 21 Metro Timur, Supermarket lokal, serta deretan Toko oleh-oleh di Distrik 21. Perbedaan dari keripik pisang khas lampung lainnya dengan Kota Metro yaitu jenis keripik yang sekali makan (Bit size) dan berpori (berlubang lubang) seperti waffle dengan rasa yang bermacam-macam, contohnya yang paling populer yaitu keripik pisang rasa coklat, original, keju, susu, melon, moka, dan lain-lain dengan berbagai merk dan kemasan.



· Kemplang

Kemplang merupakan sebuah jenis kerupuk yang digoreng dengan pasir atau dipanggang yang menimbulkan rasa khas. Kemplang dapat dijumpai di daerah Distrik 22a tepatnya Kelurahan Hadimulyo Timur dan Distrik 15b Timur, Kelurahan Imopuro Metro Pusat.


· Seruit dan pindang


Makanan Asli Khas Lampung dan Sumatera Selatan ini banyak sekali dijumpai di Kota Metro, Seperti di Pindang Meranjat Riu, 21 Yosomulyo, Ibung Err, Distrik 21c (Rawasari), dan Rumah Makan Omega, Kodim Distrik 22 Hadimulyo Barat.


Bank dan ATM

Semua bank pemerintah dan swasta nasional sudah semuanya memliki cabang di Metro. ATM dengan mudah dapat ditemui di dalam wilayah kota ini.

· ATM BNI: Kantor Pusat BNI di 21, RS Ahmad Yani, RS Mardi Waluyo, Kampus, Chandra Supermarket

· ATM Mandiri: Kantor Pusat Bank Mandiri di 21 Metro

· ATM BRI: Kantor Pusat BRI di Jl. Jend. Soedirman (Samping Bank Danamon), Depan Polres Metro, Dan 15B Timur (Samping Creative Computer)

· ATM BCA: Kantor Pusat Bank Mandiri di Jl Jend. Soedirman, Chandra Supermarket, dan Pertokoan M3

· ATM Bank Eka: Kantor Pusat Bank Eka di 15A

· ATM Bank Mega: Kantor Pusat Bank Mega Jl. Jend. Sudirman (Depan Gereja Kristen Indonesia (GKI) )

· ATM Bank Danamon, Kantor Pusat Bank Danamon (Depan Pertokoan M3)

· ATM Bank Sinarmas, Kantor Pusat Pertokoan Metro Mega Mall (M3)

· ATM Bank Lampung: Kantor Pusat Bank Lampung, Alun Alun Kota Metro


Kepolisian (keamanan publik)

Di Kota Metro terdapat Polresta Metro yang membawahi beberapa Polsek seperti Polsek Metro Pusat, Polsek Metro Timur, Polsek Metro Barat, Polsek Metro Selatan dan Polsek Metro Utara.


Militer

· Kodim di 22 Hadimulyo Barat, Metro

· Koramil Distrik 15a Metro

Kependudukan

Berdasarkan sensus BPS, kota ini memiliki populasi penduduk sebanyak 160,729 jiwa (sensus 2016),[3] dengan luas wilayah sekitar 68,74 km2.


Demografi

Agama

Islam adalah agama mayoritas yang dianut masyarakat Kota Metro. Selain itu ada juga yang beragama Kristen, Katolik, Buddha, Hindu, dan Konghucu.


Etnis dan suku bangsa

Mayoritas penduduk kota Metro berasal dari etnis Jawa. Etnis berikutnya yang cukup mudah ditemui di Kota Metro yaitu etnis Suku Lampung, Suku Sunda, Suku Banten, Tionghoa dan Padang. Orang Jawa di Metro tersebar di hampir semua kawasan kota dan umumnya telah membaur dengan orang dari etnis lain sejak masa kolonialisme.



Bahasa


Masyarakat Metro yang plural menggunakan berbagai bahasa seperti bahasa setempat yang disebut Bahasa Lampung, Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa, Bahasa Minang, Bahasa Sunda dan beberapa bahasa daerah lainnya. Aksi kolonisasi terhadap transmigran dari jawa dan pembukaan lahan yang dilakukan oleh kolonis yang dibawa oleh Belanda tersebut, membuat di Kota Metro biasa dijumpai Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari.



Mata pencaharian penduduk


Mata pencaharian penduduk Kota Metro pada tahun 2005 bergerak pada sektor pemerintahan (28,56%), sektor perdagangan (28,18), sektor pertanian (23,97%), transportasi dan komunikasi (9,84%) serta konstruksi (5,63%). Metro tidak hanya menjadi tempat mencari nafkah penduduknya. Penduduk kabupaten yang berbatasan langsung dengan wilayah ini, seperti Lampung Tengah dan Lampung Timur yang mencari nafkah dengan berdagang dan menjual jasa. Karena itu, di pagi, siang dan sore hari penduduk Metro lebih padat dibanding jumlah penduduk resminya.


Perekonomian


Daftar pusat perbelanjaan di Kota Metro

· Pasar Modern Metro

· Pertokoan M3 (Metro Mega Mall)

· Shopping Center atau Pertokoan Metro

· Department Store Chandra Metro

· Giant Express

· PB Swalayan

· Supermarket & Mall Bahan Bangunan IndoMetro.

· Multi-M Kota Metro

· Menara Metro

· PB Kado 21 dan Swalayan

· Department Store Chandra Metro

· Chandra Mart

· Rumah Belanja Chandra


Daftar pasar tradisional di Kota Metro


· Pasar Kopindo,[21]

· Pasar Cendrawasih

· Pasar Margorejo[21]

· Pasar Tradisional Modern Tejosari (24)

· Pasar Tradisional 24

· Pasar Burung dan Unggas Ganjar Agung

· Kompleks Nuban Center


· Kompleks Pertokoan Sumur Bandung, merupakan tempat berburu onderdil otomotif dan aksesorinya yang cukup lengkap dan berburu jajanan pasar dan kuliner di saat senja hingga malam hari.



Transportasi


Jalan raya


Jalan protokol dan jalan utama dihijaukan. Ruas jalan masuk dan keluar Metro mulai dilebarkan. Perbaikan dan pengaspalan sedang dilakukan, akibat jalan di Kota Metro rusak parah akibat pengalihan jalur sehingga kendaraan raksasa yang melebihi Tonase masuk ke jalur dua (Alun Alun) Kota Metro dan menyebabkan rusaknya jalan utama akbat kendaraan berat. Sarana jalan bagi kelancaran arus lalu lintas sangat penting artinya bagi kota yang dikenal sebagai kota penting kedua di Provinsi Lampung ini.


Angkutan dalam kota

Terletak 52 kilometer dari Bandar Lampung,[4] Ibu Kota Provinsi Lampung, Metro juga dikenal sebagai Kota Pendidikan. Setiap pagi angkutan umum dari Lampung Tengah , Pesawaran dan Lampung Timur penuh dengan pelajar yang menimba ilmu di kota ini. Demikian sebaliknya di siang hari saat pulang sekolah. Sehingga, angkutan kota tersebar ke segala penjuru wilayah yang mempermudah mobilitas pelajar dan penduduk Metro. Selain itu banyak pula pedagang dari kabupaten tersebut yang melakukan jual beli barang dan jasa di kota ini melalui Angkutan kota.







Berikut daftar trayek angkutan kota di Metro

No.KeteranganWarna angkot
1.Metro - Yosodadi 21Biru muda
2.Metro - Purbolinggo, Lam-TimBiru muda
3.Metro - Tejosari 24Merah hati
4.Metro - KampusMerah hati
5.Metro - Sekampung, Lam-TimMerah hati
6.Metro - TrimurjoAbu-abu
7.Metro - Dist. 21cUngu
8.Metro - Wates, Lam-TengKuning
9.Metro - Punggur, Lam-TengBiru
10.Metro - Tegineneng, PesawaranAbu-abu
11.Metro - Simbarwaringin, Lam-TengAbu-abu
12.Metro - Dist. 16cOrange
13.Metro - Ganjar AgungAbu-abu
14.Metro - Dist. 38, Lam-TimMerah hati
*( Dist. = Distrik



Bus



Kota Metro memiliki satu terminal bus besar yaitu Terminal Induk Mulyojati 16C yang merupakan Terminal Terbesar di Kota Metro dan salah satu tersibuk di Lampung, selain itu terdapat Terminal Kota Metro yang berada di Kompleks Pertokoan Distro, Metro Pusat.


Terminal Induk Mulyojati 16C melayani rute jarak dekat, menengah, dan jauh (AKAP) yang melayani rute ke kota-kota di Sumatera dan Jawa. Terminal Induk Mulyojati 16C belum pernah dikalukan renovasi sejak pertama dibangun, sehingga kesan kumuh dan tak terawat nampak jelas di terminal ini. Namun, beberapa calon penumpang masih betah memasuki area terminal terbesar di kota itu. Sejauh ini keadaan teminal sudah cukup kondusif ketimbang tahun-tahun sebelumnya. Di dalam terminal sudah tidak ada lagi tindakan-tindakan yang dapat menggangu kenyamanan dan keamanan para penumpang.[23]



Jalan tol



Saat ini sedang dibangun Jalan Tol Bakauheni-Bandar Lampung-Terbanggi Besar yang telah dimulai pengerjaannya sejak 30 April 2015, dari Bakauheni (Lampung Selatan) hingga Terbanggi Besar (Lampung Tengah) sepanjang 139 kilometer. Sayangnya, tol yang direncanakan tidak melewati kota ini. Namun, terdapat 10 Pintu Tol yang mengarah ke Kota Metro Melalui Batanghari Ogan, Pesawaran yang dimana pintu tol tersebut dinamakan Pintu Tol Metro[22].



Selain itu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) menargetkan dan memulai membentuk Blueprint atau cetak biru berupa kota yang akan berpotensi menjadi kota metropolitan di Provinsi Lampung salah satunya adalah Kota Metro, ini didukung dengan 10 Pintu gerbang tol menuju ke Kota Metro tersebut. Adapun biaya pembangunan ini, diprediksi mencapai Rp 53 triliun, termasuk pembebasan lahan dan konstruksi sekira Rp30 triliun.[25]



Pendidikan


Bagi yang berminat kuliah di perguruan tinggi di kota ini, terdapat beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta.



Perguruan tinggi negeri

· Universitas Lampung (Fakultas PGSD)


Perguruan tinggi swasta dan akademi



· Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Agus Salim

· Institut Agama Islam Ma'arif NU (IAIMNU)

· Sekolah Tinggi Pertanian Dharma Wacana

· Akademi Pertanian Dharma Wacana

· Perguruan Tinggi Dharma Wacana

· Akademi Kebidanan Wirabuana Metro

· Akademi Keperawatan Dharma Wacana

Pemerintah Kota Metro telah mengupayakan agar Universitas Lampung membuka Fakultas Hukum di Metro (tidak lagi difungsikan dan menjadi Universitas Terbuka) namun beredar kabar rencana tersebut telah dibatalkan.




Sekolah dasar


SDN 1 Metro Pusat

SDN 2 Metro Pusat

SDN 3 Metro Pusat

SDN 4 Metro Pusat

SDN 5 Metro Pusat

SDN 6 Metro Pusat

SDN 7 Metro Pusat

SDN 8 Metro Pusat

SDN 9 Metro Pusat

SDN 10 Metro Pusat

SDN 11 Metro Pusat

SDN 12 Metro Pusat

SDN 1 Metro Utara

SDN 2 Metro Utara

SDN 3 Metro Utara

SDN 4 Metro Utara

SDN 5 Metro Utara

SDN 6 Metro Utara

SDN 7 Metro Utara

SDN 8 Metro Utara

SDN 1 Metro Barat

SDN 2 Metro Barat

SDN 3 Metro Barat

SDN 4 Metro Barat

SDN 5 Metro Barat

SDN 6 Metro Barat

SDN 7 Metro Barat

SDN 8 Metro Barat

SDN 9 Metro Barat

SDN 1 Metro Timur

SDN 2 Metro Timur

SDN 3 Metro Timur

SDN 4 Metro Timur

SDN 5 Metro Timur

SDN 6 Metro Timur

SDN 7 Metro Timur

SDN 8 Metro Timur

SDN 9 Metro Timur

SDN 10 Metro Timur

SDN 1 Metro Selatan

SDN 2 Metro Selatan

SDN 3 Metro Selatan

SDN 4 Metro Selatan

SDN 5 Metro Selatan

SDN 6 Metro Selatan

SDN 7 Metro Selatan

SDN 8 Metro Selatan

SD Pertiwi Teladan Metro

SD Kristen 1 Metro

SD Xaverius Metro

SD Muhammadiyah Kota Metro

SD Al-Quran Metro

SD Kristen BPK Penabur

SD IT Wahdatul Ummah

SD IT Al Muhsin

SLB Negeri Metro

SLB Wiyata Dharma

MIN 1 Metro

MIN 2 Metro

MIN 3 Metro

MI Al-Arsyad

MI Al-Khoiriyah

MI Muhammadiyah Hadimulyo

MI Muhammadiyah Banjarsari

MI NU Purwosari

MI YPI Sumbersari

Cahaya Bangsa International School


Sekolah menengah pertama



· SMP Negeri 1 Metro

· SMP Negeri 2 Metro

· SMP Negeri 3 Metro

· SMP Negeri 4 Metro

· SMP Negeri 5 Metro

· SMP Negeri 6 Metro

· SMP Negeri 7 Metro

· SMP Negeri 8 Metro

· SMP Negeri 9 Metro

· SMP Negeri 10 Metro

· SMP Kartikatama Kota Metro

· SMP Kristen 1 Kota Metro

· SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro

· SMP Muhammadiyah 2 Kota Metro

· SMP Muhammadiyah 3 Kota Metro

· SMP Muhammadiyah 4 Kota Metro

· SMP Xaverius Kota Metro

· SMP Yos Sudarso Kota Metro

· MTs Tumaninah Yasin

· MTs Negeri 1 Kota Metro

· SMP IT Bina Insani Kota Metro

· SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan Metro


Sekolah menengah atas



· SMA Negeri 1 Metro

· SMA Negeri 2 Metro

· SMA Negeri 3 Metro

· SMA Negeri 4 Metro

· SMA Negeri 5 Metro

· SMA Negeri 6 Metro

· SMA Yos Sudarso Metro

· SMK Negeri 1 Metro

· SMK Negeri 2 Metro

· SMK Negeri 3 Metro

· SMK Negeri 4 Metro

· SMA Kartikatama

· SMK Kartikatama 1

· SMK Kartikatama 2

· SMA Muhammadiyah 1 Metro

· SMK Muhammadiyah 1 Metro

· SMK Muhammadiyah 2 Metro

· SMK Muhammadiyah 3 Metro

· SMA Kristen 1 Metro

· SMK Taruna Bumi

· SMK Ganesha

· MAN 1 Metro (Sebelumnya MAN 2 Metro)

· MA Muhammadiyah Metro

· SMK KP Gadjah Mada 1 Kota Metro

· SMK KP Gadjah Mada 2 Kota Metro

· SMK Darul Akmal Kota Metro

· SMK Darul Ulya Kota Metro

· SMK Bina Khalifah Bangsa Kota Metro

· SMK DCC Kota Metro


Media massa

Media Online Lokal Kota Metro

www.sebatin.com
www.ngalimpuro.com

Media Cetak Lokal
Radar Metro

Televisi

Kota Metro juga memiliki beberapa terdiri dari 21 buah stasiun televisi bersiaran nasional dan lokal.


Telekomunikasi

Telekomunikasi dan jaringan sudah berjalan dengan baik Seperti jaringan telpon, internet Kabel Fiber Optik berkecepatan tinggi dan jaringan 4G LTE untuk beberapa operator telekomunikasi sudah berjalan dengan cukup baik seperti Smartfren. Namun, Telkomsel hanya mendukung di kawasan Metro Barat Saja. Selebihnya jaringan HSPA, EVDO, 3G, 1x dan 2G (EDGE) sudah 100% didukung oleh seluruh operator GSM dan CDMA terkemuka. Ini semua untuk menunjang fasilitas publik dan Visi Kota Metro sebagai kota pendidikan yang unggul dan masyarakatnya yang sejahtera.


Radio
· Radio Ramayana, FM
· Radio Kartika, FM 99,5
· Radio SSB FM
· Radio Metropolis
· Radio Duta Paramita
· 98.0MHz Radio Yasfi Kota Metro


Kondisi alam

Batas wilayah

Kota Metro memiliki batas-batas wilayah sebagai berikut:

Utara
Nunggal Rejo Punggur




Timur
Pekalongan


Selatan
Metro Kibang



Barat
Trimurjo
Timur
Pekalongan dan Batanghari



Kondisi tanah



Berdasarkan karakteristik topografinya, Kota Metro merupakan wilayah yang relatif datar dengan kemiringan <6°, tekstur tanah lempung dan liat berdebu, berstruktur granular serta jenis tanah podzolik merah kuning dan sedikit berpasir. Sedangkan secara geologis, wilayah Kota Metro di dominasi oleh batuan endapan gunung berapi jenis Qw.



Iklim


Metro
Tabel iklim (penjelasan)
JFMAMJJASOND
349
30
22
300
31
22
288
31
23
196
32
23
142
32
22
126
31
22
91
31
22
91
31
22
96
31
22
119
32
22
189
32
23
304
31
23
Suhu rata-rata maks. dan min. dalam °C
Total presipitasi dalam mm
Sumber: Climate-Data.org [23]
Wilayah Kota Metro yang berada di Selatan Garis Khatulistiwa pada umumnya beriklim humid tropis dengan kecepatan angin rata-rata 70 km/hari. Ketinggian wilayah berkisar antara 25–60 m dari permukaan laut (dpl), suhu udara antara 26 °C 34 °C, kelembaban udara 80%-91% dan rata-rata curah hujan per tahun 2.264 sampai dengan 2.868 mm.
[hide]Data iklim Metro
BulanJanFebMarAprMeiJunJulAgtSepOktNovDesTahun
Rata-rata tertinggi °C (°F)29.9
(85.8)
30.6
(87.1)
31.2
(88.2)
31.7
(89.1)
31.6
(88.9)
31.3
(88.3)
31.1
(88)
31.2
(88.2)
31.4
(88.5)
31.9
(89.4)
31.7
(89.1)
30.8
(87.4)
31.2
(88.2)
Rata-rata terendah °C (°F)22.4
(72.3)
22.4
(72.3)
22.6
(72.7)
22.5
(72.5)
22.3
(72.1)
21.8
(71.2)
21.7
(71.1)
21.6
(70.9)
22.0
(71.6)
22.2
(72)
22.6
(72.7)
22.5
(72.5)
22.2
(72)
Presipitasi mm (inci)349
(13.74)
300
(11.81)
288
(11.34)
196
(7.72)
142
(5.59)
126
(4.96)
91
(3.58)
91
(3.58)
96
(3.78)
119
(4.69)
189
(7.44)
304
(11.97)
2.291
(90,2)
Sumber: Climate-Data.org [24]



Penggunaan lahan

Pola penggunaan lahan di Kota Metro secara garis besar dikelompokan ke dalam dua jenis penggunaan, yaitu lahan terbangun (build up area) dan tidak terbangun. Lahan terbangun terdiri dari kawasan pemukiman, fasilitas umum, fasilitas sosial, fasilitas perdagangan dan jasa, sedangkan lahan tidak terbangun terdiri dari persawahan, perladangan, dan penggunaan lain-lain.




Kawasan tidak terbangun di Kota Metro didominasi oleh persawahan dengan sistem irigasi teknis yang mencapai 2.982,15 hektar atau 43,38% dari luas total wilayah. Selebihnya adalah lahan kering pekarangan sebesar 1.198,68 hektar, tegalan 94,49 hektar, dan sawah non irigasi sebesar 41,50 hektar.



Referensi


^ Pelantikan Bupati/Walikota Terpilih Provinsi Lampung (18 Februari 2016)
^ Serah Terima Jabatan Walikota Metro, Menuai Harapan Baru
^ a b Kota Metro Dalam Angka 2016. BPS Kota Metro. 08-2016. p. 69. ISSN 1907-4751.
^ a bhttp://regionalinvestment.bkpm.go.id/newsipid/geografislj.php?ia=18&is=34
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 18
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 2
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 25
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 20
^ a b c Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 28
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 29–30
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 30
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 31–39
^ a b Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 48–50
^ a b Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 54
^ Sudarmono & Edi Ribut Harwanto 2004, hlm. 58–59
^ Prahana 1997, hlm. 20
^http://www.radarlampung.co.id/read/lampung-raya/lamteng-metro/49441-ekspansi-metro-mencuat-lagi-
^http://www.radarlampung.co.id/read/lampung-raya/lamteng-metro/49726--ambil-saja-kalau-bisa-
^ http://dprd.metrokota.go.id/?page=konten&&no=6
^ "Metro Tahun Ini Akan Jadi Tuan Rumah MTQ Tingkat Provinsi". Tribun Lampung. Diakses tanggal 2016-11-14.
^ a bhttp://www.nusantara9news.com/metro/v1454475618/prestasi-pasar-margorejo-dan-pasar-kopindo-kota-metro.html
^http://finance.detik.com/ekonomi-bisnis/3264356/begini-penampakan-terkini-tol-trans-sumatera-di-lampung
^ [1]
^ http://id.climate-data.org/location/570884/


Bacaan lanjutan

Prahana, Naim Emel (1997). Cerita rakyat dari Lampung [Folklore from Lampung] (dalam Indonesian) 2. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. ISBN 979-669-015-2.
Sudarmono; Edi Ribut Harwanto, ed. (2004). Metro: Desa Kolonis Menuju Metropolis [Metro: A Colonial Village Becoming Metropolitan] (dalam Indonesian). Metro, Indonesia: Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Metro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar