Selasa, 13 Desember 2016

Hari Menanam Pohon di Karang Rejo Metro Utara

Sebanyak 30 bibit/batang pohon buah-buahan dan kayu ditanamkan pada kegiatan Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2016 yang berlangsung di Kelurahan Karangrejo Metro Utara, (13/12/2016). Penanaman pada acara seremonial tersebut dilakukan langsung oleh Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro beserta jajarannya, Ketua DPRD Kota Metro, Unsur Fokorpimda Kota Metro, Perwakilan Ketua TP4K Provinsi Lampung, Ketua TP-PKK Kota Metro, dan Ketua GOW Kota Metro.

Laporan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan Kota Metro, Yeri Ehwan, menjelaskan bahwa peringatan HMPI dan BMN merupakan momentum inisiasi gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon yang berjalan secara kontinyu dan diharapkan membudaya di kalangan masyarakat luas. Adapun tujuan dari gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon adalah untuk menumbuhkembangkan budaya cinta menanam dan memelihara pohon, membantu rehabilitas lahan kritis, meningkatkan produktivitas lahan dan ekonomi masyarakat, mengembangkan tanaman unggul lokal, dan mendukung pelaksanaan mitigasi perubahan iklim.

Dalam rangkaian peringatan hari menanam pohon ini akan didistribusikan sebanyak 10.000 lebih pohon bibit tanaman kepada lembaga atau kelompok masyarakat yang menyampaikan usulan permintaan, terdiri dari pohon kayu gaharu, cempaka, jabon, pule, pinang, jambu biji merah, trembesi, bayur, nangka, mangga, dll.

Didalam sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang disampaikan oleh Walikota Metro, bahwa kegiatan ini mengambil tema “Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa Negara”, tema tersebut diartikan bahwa saat ini betul-betul langkah menanam pohon merupakan kebutuhan untuk prasyarat kehidupan yang paling mendasar dengan dukungan dan sistem regulasi alam, begitupun dukungan bagi kesejahteraan masyarakat, dan secara lebih konkrit dapat menjadi sumberdaya ekonomi.

“Sudah saatnya semangat menanam pohon ada dalam diri kita semua. Menanam pohon dalam upaya menyelamatkan bumi kita, menjaga keanekaragaman hayati, menghemat dan menumbuhkan mata air-mata air yang baru dan sudah pasti memberikan oksigen bagi kehidupan. Jadikan RUMAH KITA HUTAN KITA dan begitu pula HUTAN KITA RUMAH KITA”, ucapnya.

Walikota Metro Achmad Pairin sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan dalam acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional tahun 2016 tersebut, ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat menghijaukan Kota Metro dengan merawat dan menjaga pertumbuhan/perkembangan dari bibit tanaman yang telah ditanam.

“menanam pohon adalah hal yang mudah, namun tidak mudah untuk merawatnya, oleh karena itu mari kita jaga dan merawat bibit tanaman yang telah sama-sama kita tanam agar ditahun-tahun berikutnya Kota Metro dapat menjadi lebih hijau” ungkap Pairin


Photo - Photo Kegiatan Menanam Pohon peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar