Rabu, 14 Desember 2016

Penilaian Lomba Kesrak PKK KB dan Kesehatan Kota Metro tahun 2016

Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan mewakili Kota Metro dalam Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Kegiatan PKK Tahun 2016 untuk Tingkat Provinsi, (14/12/2016).

Kegiatan yang berlangsung di Balai Kelurahan Rejomulyo tersebut dihadiri oleh Kepala BKKBN Provinsi Lampung Dra. Hj. Paulina JS,MM. selaku perwakilan Ketua TP-PKK Provinsi Lampung, Dewi Ruskandi selaku Ketua Tim Penilai Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Provinsi Lampung beserta rombongan, Wakil Walikota Metro Djohan, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, Sekda Kota Metro Ishak, Perwakilan Unsur Fokorpimda Kota Metro, Staf Ahli dan Asisten Sekda Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro Heriyati Pairin, Ketua GOW Kota Metro Siti Aisyah Djohan, Ketua DWP Kota Metro Elva Magdalena Ishak, Camat dan Lurah se-Kota Metro, serta para undangan yang turut hadir.

Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan dalam kesempatan ini mewakili Kota Metro dalam penilaian lomba Kesrak PKK-KB-Kes dan Kegiatan PKK untuk Tingkat Provinsi, mudah-mudahan dari hasil penilaian ini kita bisa terus melaju ke Tingkat Nasional, hal tersebut yang disampaikan oleh Heriyati Pairin selaku Ketua TP-PKK Kota Metro.

Heriyati menyampaikan bahwa Kelurahan Rejomulyo yang mewakili Kota Metro optimis dapat melaju ke Tingkat Nasional. “Kita telah mendapat Pakarti Utama I untuk UP2K, dan posyandu mendapatkan Pakarti III, tentu dengan semua yang pernah kita hasilkan akan terus kita pertahankan dan kita akan terus usahankan untuk mendapat hasil yang lebih baik”, ungkapnya.

Didalam laporan ketua panitia, Marwany, menerangkan bahwa Kelurahan Rejomulyo merupakan Kelurahan yang memperoleh Juara 1 Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes dan Lomba Kegiatan PKK di Tingkat Kota Metro, untuk itu Kelurahan Rejomulyo terpilih menjadi perwakilan Kota Metro untuk Penilaian ke Tingkat Provinsi. Adapun rincian kegiatan pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kes diantaranya untuk Kegiatan PKK meliputi pembinaan administrasi PKK, pembinaan dan pengembangan dasa wisma, melaksanakan penyuluhan sosialisasi dan pelatihan guna peningkatan wawasan kader, melaksanakan kegiatan sosial, adanya kebun kolektif. Untuk Kegiatan Keluarga Berencana meliputi penuluhan tentang pemilihan/penentuan kontrasepsi yang tepat dan tata cara penggunaan kotrasepsi, pembinaan pada kelompok BKB, BKR, BKL, PIK-R yang terintegrasi dengan posyandu, pembinaan kelompok UPPKS, pelayanan KB, peningkatan cakupan layanan KB. Dan untuk kegiatan Kesehatan dan Lingkungan meliputi pembinaan, sosialisasi, penyuluhan, pelatihan pada kader posyandu, PKK, PHBS dan Kesling, pembinaan percontohan rumah sehat, pembinaan pada Poskeskel, peningkatan cakupan layanan kesehatan, memasyarakatkan tentang Toga & manfaat Toga, menghasilkan/mengeluarkan dan mensosialisasikan produk-produk hukum Walikota Metro berupa Perda, Perwali, Surat Keputusan, Surat Edaran, Himbauan terkait masalah kesehatan. Serta ditunjang dengan kegiatan lain berupa adanya KWT berupa pembibitan, adanya pengelolaan sampah untuk keperluan masyarakat dan pembuatan pupuk cair untuk keperluan masyarakat.

Wakil Walikota Metro dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan Lomba Kesrak tersebut, dengan harapan Tim Penilai Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Provinsi dapat memberikan masukan dan bimbingan didalam penilaian sehingga kegiatan Kesrak PKK-KB-Kes di Kota Metro pada masa yang akan datang akan lebih baik lagi.

“Kami harap Tim Penilai dari Provinsi dapat memberikan masukan dan bimbingan pada saat penilaian agar kedepan kegiatan Kesrak PKK-KB-Kes di Kota Metro dapat menjadi lebih baik lagi, dan kami siap untuk memperbaiki dan memberikan yang terbaik untuk Kota Metro dan Provinsi Lampung pada umumnya”, ungkapnya.

“Sebagaimana peserta lomba tentu kita berharap dapat meraih yang terbaik, tetapi kesemuanya itu kami serahkan sepenuhnya kepada Tim Penilai untuk menentukannya. Dan melalui lomba ini diharapkan dapat memotivasi kita semua untuk senantiasa meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pada masa yang akan datang”, tutup Djohan.
Pada kesempatan tersebut, Ketua TP-PKK Kota Metro bersama dengan Ketua GOW Kota Metro, Kepala BKKBN Provinsi Lampung, Tim Penilai Lomba Kesrak-PKK-KB-Kes Provinsi Lampung, Wakil Walikota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Sekda Kota Metro, perwakilan Fokorpimda Kota Metro, dan Ketua DWP Kota Metro menyerahkan hadiah dan memberikan ucapan selamat kepada penerima Pakarti Utama I tingkat Kota untuk UP2K, serta kepada penerima hadiah dari Lomba Pengembangan Diversifikasi Pangan Masyarakat Penerima P2KP Tahap Pengembangan Kota Metro tahun 2016. Diakhir acara seluruh Tim penilai mengunjungi Lokasi Penilaian lomba Kesrak PKK-KB-Kes yang ada di sekitar Kelurahan Rejomulyo Kecamatan Metro Selatan.


Poto - Poto kegiatan Penilaian Lomba PKK KB dan Kes Kota metro tahun 2016 di Aula Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan
















1 komentar: