Senin, 10 April 2017

Lomba Kelurahan dan BBGRM Tingkat Provinsi Lampung dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan di Kota Metro

Penilaian Lomba Kelurahan dan BBGRM Tingkat Provinsi Lampung di Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur, Kota Metro (10/04/2017). 


Agenda tersebut dihadiri oleh Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Ketua DPRD Kota Metro, Unsur Fokorpimda Kota Metro, Ketua Tim Penilai Provinsi Lampung beserta rombongan, Sekda Kota Metro, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro, Ketua GOW Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro.


Penilaian tersebut diawali dengan peninjauan ke lokasi Kebun Kolektif dan Saung, dan dilanjutkan dengan mengunjungi Pameran UP2K dan UPPKS yang berada di Halaman kantor kelurahan Iringmulyo.

Guna mengikuti Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2017 tersebut, Pemerintah Kota Metro telah menyelenggarakan Lomba Kelurahan Tingkat Kota Metro yang dilaksanakan pada bulan Maret 2017 yang lalu. Lomba Kelurahan tersebut dilaksanakan dengan cara meneliti dan menilai Administrasi Pemerintahan, Pelayanan Masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan inovasi serta partisipasi masyarakat dalam pembangunan.


Berdasarkan laporan Lurah Iringmulyo, Selamat, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam lomba kelurahan ini diantaranya kegiatan di Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan. Adapun lokasi lomba kelurahan yang berada di Wilayah Kelurahan Iringmulyo Kec Metro Timur terdiri dari Kantor Lurah Iringmulyo, Sekretariat PKK di Aula Kelurahan Iringmulyo, Sekretariat Lembaga Pemberdayaan Masyarakat di kompleks kantor kelurahan, Sekretariat Karang Taruna di kompleks kantor kelurahan, Rumah Pintar, Posyandu Sejahtera V, PAUD Permata, Pameran UP2K dan UPPKS di Halaman kantor kelurahan, Rumah Sehat, Kantin Sehat, Kebun Kolektif dan Saung, Poskamling, Koperasi Al Miftah, Dasawisma Nusa Indah II.


Didalam sambutan Gubernur Lampung yang disampaikan oleh Kepala Diskominfotik Provinsi Lampung, Achmad Chrisna Putra, selaku Ketua Tim Penilai Provinsi Lampung, menyampaikan lomba ini dimaksudkan sebagai upaya peningkatan kompetisi dan motivasi melalui penguatan kelembagaan, peningkatan motivasi, pertisipasi masyarakat dan swadaya gotong royong masyarakat di kelurahan secara terarah, terkoordinasi, terpadu dan berkelanjutan.



“Kegiatan lomba yang diselenggarakan ini merupakan kegiatan yang bermanfaat sebagai tolak ukur dalam melihat efektifitas dalam membangun kelurahan melalui pemberdayaan masyarakat”, ungkap Chrisna.

Chrisna menyatakan bahwasanya Kota Metro telah banyak meraih prestasi diberbagai bidang perlombaan, ia menyatakan bahwa untuk masalah pemberdayaan masyarakatnya, serta UKM, dan lain-lain tidak diragukan lagi dan dinilainya cukup baik. “Kota Metro melalui kelurahan Iringmulyo ini mudah-mudahan memperoleh predikat yang lebih baik lagi pada Lomba Kelurahan dan BBGRM tersebut”.



Walikota Metro, Achmad Pairin, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terlaksananya kegiatan tersebut, serta mengucapkan selamat datang kepada Ketua Tim Penilai beserta rombongan di Kota Metro, dengan harapan Kehadiran Tim Penilai Lomba dapat memotivasi masyarakat untuk meningkatkan peran sertanya dalam pembangunan di Kota Metro.

Terkait dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), Achmad Pairin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif didalam pembangungan, serta mempertahankan dan memantapkan semangat gotong-royong, dengan menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur didalam kehidupan sehari-hari.

Pairin berharap, kepada Tim Penilai, disamping melakukan penilaian kiranya memberikan arahan dan petunjuk, sehingga pembangunan di Kel. Iringmulyo dan di Kota Metro pada umumnya dapat terlaksana dengan lebih baik lagi pada masa-masa mendatang. Ia juga berharap, Kelurahan Iringmulyo dapat meraih prestasi menjadi Juara se-Provinsi Lampung, sehingga dapat mewakili Provinsi Lampung pada lomba Tingkat Nasional.

“Paparkanlah secara lengkap kepada Tim Penilai lomba terkait penilaian lomba, dan apabila Tim Penilai memberikan kepercayaan kepada kami, maka kami siap untuk mewakili Provinsi Lampung di tingkat Nasional”, ucapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar