Senin, 20 Maret 2017

Tanam Pohon Kurma, mewarnai HUT Provinsi Lampung ke-53 di Kota Metro

DPRD Kota Metro mengadakan Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Provinsi Lampung ke-53 yang berlangsung di Ruang Sidang DPRD Kota Metro (20/03/2017)

Dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Walikota Metro Djohan, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda dan Wakil Ketua DPRD Kota Metro serta Anggota DPRD Kota Metro, Fokorpimda Kota Metro, Plt Sekda Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, Camat dan Lurah se-Kota Metro, serta undangan yang turut hadir.

Dalam Rapat Paripurna yang dihadiri oleh 21 Anggota DPRD Kota Metro tersebut, Walikota Metro menyampaikan sambutan Gubernur Lampung, yang mengajak seluruh komponen pembangunan yang ada di Provinsi Lampung, untuk menjadikan Hari Ulang Tahun Provinsi Lampung ke-53 ini sebagai sarana introspeksi terhadap apa yang telah dan akan dilakukan demi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Lampung

Di usia yang ke-53, banyak capaian kemajuan pembangunan yang telah dilaksanakan di Provinsi Lampung, diantaranya ditandai dengan meningkatnya peringkat daya saing yang diterbitkan oleh Asia Competitiveness Institute bahwa Provinsi Lampung dari Peringkat 25 pada Tahun 2015 meningkat menjadi Peringkat 18 pada Tahun 2016, dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Peningkatan daya saing tersebut ditunjukkan dengan kinerja pertumbuhan ekonomi tiga tahun terakhir yang selalu di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Pada Tahun 2016, ekonomi Provinsi Lampung tumbuh 5,15% (year on year) di atas angka pertumbuhan nasional 5,02%. Secara spasial, pertumbuhan ekonomi Lampung Tahun 2016 berada pada posisi keempat di Sumatera setelah Bengkulu, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara.

Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran di Provinsi Lampung cenderung menurun. Tingkat pengangguran terbuka Provinsi Lampung pada tahun 2016 adalah sebesar 4,62 persen dibawah nasional yaitu sebesar 5,61%. 

Sementara itu, Provinsi Lampung sejak Tahun 2015 telah meluncurkan Program Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa) yang merupakan program pengentasan kemiskinan berbasis desa, yang ditetapkan kepada 380 desa tertinggal di 13 kabupaten dengan alokasi masing-masing desa sebesar 300 juta rupiah.

Dengan adanya program tersebut, pada sambutan Gubernur Lampung dalam hal ini disampaikan oleh Walikota Metro, mengharapkan program ini dapat mendorong percepatan pembangunan ekonomi di pedesaan melalui peningkatan produkvititas sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan atau kegiatan ekonomi yang mampu menyerap tenaga kerja lebih besar dari kelompok masyarakat miskin dan memberikan nilai tambah dengan memanfaatkan bahan baku sumberdaya local.

“Kami mengajak jajaran Pemerintah, Dinas Vertikal, TNI/Polri, khususnya yang berada di Wilayah Kota Metro, untuk terus meningkatkan kinerja, pengabdian dan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kreativitas, Inovasi, dan Kerja Nyata dari seluruh masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam memberikan kontribusi bagi percepatan pembangunan di tanah Lampung tercinta ini”, ungkap Pairin.

Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda, menyampaikan bahwa didalam memperingati HUT Provinsi Lampung ke-53, tentu sudah sewajarnya kita menghaturkan penghargaan setinggi-tingginya kepada para pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia, yang telah membuat Provinsi Lampung menjadi maju hingga saat ini, sehingga kita sebagai generasi yang sekarang dapat merasakan hasil dari perjuangan para pahlawan.

Usai sidang, dilanjutkan dengan penanaman 5 batang pohon dalam rangka memperingati hari jadi Provinsi Lampung ke 53 yang dilakukan langsung oleh Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Metro, beserta Unsur Fokorpimda Kota Metro di halaman DPRD Kota Metro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar