Rabu, 22 Maret 2017

Walikota Metro Achmad Pairin mengingatkan pada musim hujan agar dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar

Walikota Metro Achmad Pairin dan Wakil Walikota Metro Djohan bersama dengan Ketua TP PKK Kota Metro Heriyati Achmad Pairin dan seluruh Kepala Satker terkait menghadiri Pembinaan dan Penyerahan Bantuan Stimulan Kepada Warga Binaan Peningkatan Peranan Perempuan Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P3-KSS) di Aula Kelurahan Rejomulyo, Metro Selatan (22/03).


Menurut Suparjo Rustam selaku Lurah Rejomulyo, warga binaan yang hadir dalam kegiatan ini terdiri dari 100 orang yang tersebar di 7 RW diantaranya RW I, RW II, RW III masing-masing berjumah 20 orang, dan RW IV, RW V, RW VI, RW VII masing-masing berjumlah 10 orang. Dengan mata pencaharian didominasi disektor pertanian, peternakan dan perikanan. Ia berharap kepada peserta agar dapat memanfaatkan waktu yang telah disediakan oleh para pembina dengan sebaik-baiknya.

Laporan dari Kepala Dinas PP PA PP & KB Kota Metro, Erla Andrianti, selaku Ketua panitia menjelaskan, bahwa sasaran dari kegiatan ini adalah Kelurahan Rejomulyo Metro Selatan, yakni perempuan yang berasal dari keluarga pra sejahtera yang sudah berkeluarga sebanyak 100 orang. Adapun Pembinaan P3-KSS bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi warga binaan agar dapat seimbang dengan masyarakat lain, unutk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang pembangunan, meningkatkan pendapatan warga binaan agar dapat hidup layak dan mandiri, meningkatkan derajat kesehatan bagi warga binaan, serta agar dapat memanfaatkan lahan pekarangan dengan tanaman obat-obatan.


Dalam kesempatan tersebut, Walikota Metro, Wakil Walikota Metro dan Ketua TP PKK Kota Metro, menyerahkan secara simbolis Bantuan Stimulan Warga Binaan P3-KSS. Bantuan dari Pemerintah Kota Metro untuk menunjang kelancaran pelaksanaan program P3-KSS tersebut diantaranya pemberian bantuan material berupa semen, pasir, bowel, pintu kamar mandi, cat tembok, cat kayu, triplek, batu split, paralon, paku kayu, papan nama warga binaan, papan data warga, bantuan kitab suci dan kayu kaso kepada warga binaan, dimana bantuan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing keluarga untuk menunjang derajat kesehatan dan kebersihan di lingkungan keluarga.


Didalam sambutannya, Walikota Metro menyampaikan, Program pemberian bantuan bagi warga binaan P3-KSS merupakan upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Metro bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK yang merupakan program lintas sektoral dan diharapkan dapat mengubah pola pikir serta perilaku warga binaan.

“Saya berharap kepada Tim Penggerak PKK, Dinas/Instansi terkait serta warga binaan untuk bersama-sama melaksanakan program ini dengan sebaik-baiknya. Dan Melalui program ini diharapkan kaum perempuan dapat menunjukkan eksistensi kiprahnya dalam pembangunan serta bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai sektor kehidupan”, ungkapnya.

“Bantuan yang diberikan kepada warga binaan belumlah memadai, namun saya yakin dan percaya dengan kesunguhan kita semua, kita akan mampu memotivasi warga binaan untuk berbuat yang terbaik lagi bagi peningkatan kesejahteraannya masing-masing”, ucap Pairin.


“Kepada para penerima bantuan saya mengharapkan agar dapat memanfaatkan bantuan ini dengan sebaik-baiknya. Dan Bantuan seperti ini kedepan akan kami upayakan untuk ditambah lagi, tentunya sesuai dengan APBD yang ada”, tambah Djohan.

Diakhir sambutan, Achmad Pairin mengingatkan pada musim hujan, diharapkan seluruh masyarakat agar dapat menjaga kebersihan dan menjaga lingkungan sekitar dengan membersihkan tempat-tempat yang rawan tergenang air yang sering menjadi sarang nyamuk khususnya kewaspadaan terhadap nyamuk demam berdarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar