Selasa, 31 Januari 2017

Gelar Pentas Seni Budaya Lampung

Majelis Penyimbang Adat Lampung (MPAL) Kota Metro yang di ketuai oleh Hi. Syahabudin Yusuf menggelar acara malam pentas seni budaya lampung di gedung Sesat Agung (Nuwo Budayo) kota metro, selasa malam ( 31/01/2017).



Dalam sambutannya Walikota Metro Achmad Pairin Menyambut baik kegiatan tersebut. " Saya apresiasikan kegiatan ini, saya berharap dengan kegiatan ini menjadikan pemersatu adat lampung dam menjaga kelestarian budaya lampung di Bumi Sai Wawai yang tercintai".


Acara Gelar seni budaya ini diawali dengan penyambutan Walikota Metro di gerbang Nuwo Budayo dengan pencak silat lampung, lalu penampilan sigeh pengutan dan kemudian memasuki acara prosesi inti yaitu Tari Pinang oleh St. Rajo Tihang yang di ikuti tari Cangget Muli Mekhanai dan Tari Situho yang terdiri dari Sembilan Kebuayan yaitu, Unyai, Unyi, Subing, Nuban Selagai, Kunang, Beliuk, Nyerupa dan Anak Tuha yang melambangkan Kebuayan Nuban ini berasal dari Sembilan Saudara dan Nuban lah yang berjenis kelamin perempuan, ke delapan saudara Putri Nuban selalu menjaga dalam lingkaran agar saudara perempuan mereka selalu terjaga, setelah melakukan Tari Situho, acara dilanjutkan dengan penampilan Gitar Klasik Lampung oleh IMPASS UNILA.






Kegiatan tersebut dihadiri para sesepuh adat yang ada di Kota Metro serta di hadiri FOKORPIMDA Kota Metro, dan undangan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar