Rabu, 01 Februari 2017

Fitur Mobile Skrining Day BPJS di Luncurkan



BPJS Kesehatan Cabang Kota Metro menyelenggarakan Konferensi Pers Mobile Skrining Day yang berlangsung di Aula Pemda Kota Metro (01/02/2017). Agenda tersebut dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Maryati, Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Kota Metro Maria Fitri Jaya Singa, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Rizka Adhiati, serta para Pers yang turut hadir.

Dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk kemudahan mendeteksi dini faktor risiko penyakit-penyakit kronis dalam halnya seperti Diabetes melitus, hipertensi, ginjal kronik, dan jantung koroner, BPJS Kesehatan meluncurkan layanan Mobile Skrining. Dengan mengunduh aplikasi tersebut di Google Play Store, kemudian melakukan registrasi dengan mengisi data diri yang dibutuhkan. Setelah terdaftar dan mengklik tombol log in, peserta dapat memilih menu Skrining Riwayat Kesehatan. Selanjutnya akan diminta mengisi 47 pertanyaan yang terdiri atas kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga peserta, dan pola makanan peserta. Apabila semua pertanyaan tersebut telah dijawab, maka akan memperoleh hasil skrining riwayat kesehatan pada saat itu pula.

“Dengan diluncurkannya fitur skrining riwayat kesehatan pada aplikasi BPJS Kesehatan Mobile (Mobile Skrining) yang praktis ini, kami berharap peserta JKN-KIS dapat lebih aware untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatannya, semakin dini peserta mengetahui risiko kesehatannya, semakin cepat upaya pengelolaan risiko itu dilakukan, sehingga jumlah penderita penyakit kronis dapat menurun”. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Metro Rizka Adhiati.

Walikota Metro, Achmad Pairin, dalam sambutannya atas nama Pemerintah Daerah Kota Metro mengapresiasi atas diluncurkannya Mobile Skrining yang dapat mempermudah mendeteksi dini faktor risiko penyakit-penyakit kronis. Dengan kegiatan tersebut, Pairin mengajak upaya untuk mensosialisasikan program tersebut melalui Pers yang merupakan salah satu upaya lebih mudah menyampaikan informasi kepada masyarakat baik melalui Media Cetak atau Online / Medsos.

“Selain Imunisasi, Fitur Mobile Skrining mempunyai fungsi yang sama dalam mencegah atau menanggulangi penyakit, saya sangat simpatis dengan kegiatan ini karena fitur tersebut dapat mendeteksi dini faktor risiko penyakit-penyakit kronis.” Ucapnya.

“Upaya mencegah lebih baik daripada mengobati, halnya penyakit kronis tersebut sangatlah susah untuk disembuhkan, oleh karena itu upaya kita yang utama adalah mencegah, sehingga dalam hal tersebut kita memiliki 2 makna dengan melakukan pencegahan penyakit yakni dapat mewujudkan umur harapan hidup 72 tahun bahkan lebih khususnya di Kota Metro serta dapat memperingan biaya penyembuhan”. tutup Pairin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar