Senin, 20 Februari 2017

Pelantikan Anggota Tim Penggerak PKK Kota Metro Masa Bhakti Tahun 2017-2021

Pemerintah Kota Metro menggelar kegiatan Pelantikan Anggota Tim Penggerak PKK Kota Metro Masa Bhakti Tahun 2017-2021 serta penandatanganan kesepakatan-kesepakatan bersama, yang berlangsung di Aula Pemda Kota Metro (20/02/2017). 



Kegiatan yang dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Walikota Metro Djohan, Wakil Ketua DPRD Kota Metro Nuraida, Ketua TP-PKK Kota Metro Heriyati Achmad Pairin, dan Ketua GOW Kota Metro selaku Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro Siti Aisyah Djohan tersebut diawali dengan Peninjauan gelar produk UP2K PKK dan IKM Kota Metro di depan Aula Pemda Metro. Acara tersebut turut dihadiri oleh Perwakilan Unsur Fokorpimda Kota Metro, Plt Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, Camat dan Lurah se Kota Metro, Anggota TP PKK Kota Metro, Anggota TP PKK Kecamatan dan Kelurahan se Kota Metro, serta undangan yang turut hadir.

Berdasarkan laporan Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro selaku panitia penyelenggara, Siti Aisyah Djohan, bahwa kegiatan yang berlangsung di Aula Pemda Kota Metro adalah Pelantikan Anggota Tim Penggerak PKK Kota Metro Masa Bhakti Tahun 2017-2021 serta penandatanganan kesepakatan-kesepakatan bersama. Adapun tujuan dari Pelantikan Anggota TP PKK Kota Metro adalah untuk meningkatkan kualitas, efektifitas dan profesionalisme kerja serta penyegaran anggota TP PKK Kota Metro. Dan tujuan dari Penandatanganan kesepakatan bersama bertujuan untuk menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam rangka pemasaran produk UP2K, pelaksanaan gerakan penanaman cabai, serta peran serta dalam pembinaan dan promosi produksi batik ciprat siswa SLB. Untuk pembentukan Koperasi UP2K Metro “Metro Sakai Sambayan” bertujuan menjadikan koperasi tersebut menjadi salah satu penopang perkembangan kelompok UP2K PKK khususnya.


Siti Aisyah Djohan menambahkan dengan adanya pemberian bantuan stimulasi peralatan bertujuan untuk memotivasi Industri Kecil Menengah (IKM) agar dapat lebih mengembangkan industri yang telah dimiliki, dan tujuan dengan pemberian bantuan bibit tanaman cabai dimaksudkan untuk memotivasi warga dalam percepatan penanaman cabai di pekarangan masing-masing.

Usai sambutan laporan panitia penyelenggara, dilanjutkan dengan Pelantikan Anggota Tim Penggerak PKK Kota Metro Masa Bhakti Tahun 2017-2021 yang langsung dilantik oleh Walikota Metro Achmad Pairin, dan dilanjutkan dengan penandatanganan kesepakatan-kesepakatan bersama dan penandatangan berita acara meliputi, penandatanganan MoU tentang produk IKM, Dekranasda & UP2K PKK Kota Metro antara TP PKK Kota Metro, Dekranasda Kota Metro, Chandra Supermarket, PB Swalayan, Muhammadiyah Bisnis Center (MBC), Delfan Donut, dan Dinas Koperasi, UMK-UM, dan Perindustrian Kota Metro. Selanjutnya dengan penandatanganan berita acara pendirian koperasi UP2K PKK “Metro Sakai Sambayan”, penandatangan MoU tentang percepatan pelaksanaan gerakan tanam cabai dan peningkatan ketahanan pangan dan gizi keluarga, serta penandatangan MoU tentang pembinaan, promosi dan pemasaran batik ciprat produksi SLB Wiyata Dharma.

Selanjutnya, Walikota Metro bersama dengan Wakil Walikota Metro, Wakil Ketua DPRD Kota Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro, Plt. Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Usaha Menengah dan Perindustrian Kota Metro, Memberikan bantuan secara simbolis yang diberikan berupa Bibit Cabai yang diterima oleh Ketua TP PKK Kecamatan se-Kota Metro, Oven Gas dan Tabung Gas, Spinner, Impulse Sealer kepada IKM di Kota Metro.

Sambutan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Metro, Heriyati Achmad Pairin, menjelaskan bahwa pelantikan anggota TP PKK Kota Metro dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari telah dikukuhkannya Ketua TP PKK Kota Meto pada 18 Februari 2016, dan untuk meningkatkan kualitas, efektifitas dan profesionalisme kerja serta penyegaran anggota TP PKK Kota Metro, maka dilaksanakan perombakan susunan keanggotaan disesuaikan denga kebutuhan dan nomenklatur jabatan di pemerintahan.

Heriyati berpesan kepada anggota Tim Penggerak PKK yang baru dilantik agar dapat melaksanakan tugas dan amanah yang diemban dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh dedikasi dan profesionalisme. “Selamat bertugas dan selamat berkreasi dan berinovasi bagi kelompok UP2K PKK dan IKM yang ada di Kota Metro”, ucapnya.

Walikota Metro dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada TP PKK Kota Metro sebagai mitra pemerintah dan organisasi kemasyarakatan atas prestasi dan program-program PKK di Kota Metro yang telah membawa nama baik untuk Kota Metro.

Achmad Pairin juga memberikan apresiasi dan terimakasih kepada para pengusaha atas kerjsamanya yang telah ikut membantu memasarkan produk-produk IKM dan UP2K PKK Metro. Ia menambahkan mengenai kewajiban para PNS Kota Metro yang ber-Eselon untuk membeli dan mengenakan batik ciprat sebagai seragam batik yang merupakan hasil produk batik dari siswa SLB, yang nantinya akan dijadikan seragam batik ciprat khas Kota Metro yang dipakai setiap hari kamis pada minggu I dan Minggu III, hal ini juga dilakukan untuk membantu anak-anak disabilitas dalam pengembangan kreatifitas serta pemasaran produknya.

Didalam mendukung Program Pemerintah dalam rangka Percepatan Pelaksanaan Gerakan Penanaman Cabai, Pairin mengharapkan agar setiap warga menanam setidaknya 10 bibit tanaman cabai di area pekarangan maupun di area-area yang memungkinkan.

“Selamat kepada anggota Tim Penggerak PKK Kota Metro yang baru saja dilantik, selamat bekerja dengan sebaik-baiknya, berbagai prestasi dan keberhasilan yang sebelumnya telah diraih kiranya dapat dijadikan sebagai motivasi untuk mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasinya”, ungkap Pairin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar