Jumat, 24 Februari 2017

Rangkaian Pembukaan MTQ Ke 13 Tingkat Kota Metro tahun 2017

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 13 Tingkat Kota Metro Tahun 2017 dipusatkan di Lapangan Mulyojati Kecamatan Metro Barat (24/02/2017). Pembukaan tersebut diawali dengan Upacara Pelepasan Pawai Ta’aruf Musabaqah Tilawatil Qur’an oleh Wakil Walikota Metro yang berlangsung di Area Jalan Terminal Mulyojati, dan dilanjutkan dengan pawai menuju Lapangan Mulyojati oleh peserta pawai.



Para peserta pawai yang tiba di Lapangan Mulyojati disambut baik oleh Walikota Metro dan Fokorpimda Kota Metro, yang kemudian kegiatan pada pembukaan MTQ ke-13 tersebut dilanjutkan dengan sajian berbagai pertunjukan dan tarian.

Berdasarkan laporan dari Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ridhwan, tujuan dari kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke 13 tingkat Kota Metro adalah terpilihnya Qori Qoriah, Hafiz dan Hafizah yang terbaik sehingga dapat mengharumkan nama Kota Metro pada MTQ tingkat Provinsi Lampung bahkan di Tingkat Nasional, memberikan motivasi untuk terus mempelajari Al-Qur’an, memahami, menghayati, mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.


Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 24 s.d 28 Februari 2017, adapun mimbar/tempat pelaksanaan lomba berlokasi menjadi 4 titik, yakni mimbar 1 di Lapangan Mulyojati, mimbar 2 di STO Kota Metro, mimbar 3 di Aula Kelurahan Mulyojati, dan mimbar 4 di SDN 4 Metro Barat. Peserta MTQ diikuti oleh Kafilah dari 5 Kecamatan se-Kota Metro dengan jumlah total 169 orang yang akan mengikuti 6 cabang perlombaan, diantaranya pada cabang Tilawatil Qur’an, Tahfidzil Qur’an, Tafsiril Qur’an, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, dan Khattil Qur’an. Ridhwan melaporkan bagi Peserta terbaik dari ke 6 cabang perlombaan tersebut akan mewakili Kota Metro pada ajang MTQ tingkat Provinsi Lampung ke-45 di Kabupaten Pesawaran.

Plt. Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo selaku Ketua Umum Lembaga Penembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kota Metro, menerangkan bahwa MTQ untuk tingkat Kota Metro telah secara rutin dilakukan sejak tahun 2003 dengan diselingi pelaksanaan STQ, sehingga pada tahun 2017 merupakan MTQ tingkat Kota Metro yang ke-13 dan dipusatkan di Lapangan Mulyojati dan sekitarnya. Lanjutnya, ia menyatakan penyelenggaraan MTQ sendiri merupakan suatu bentuk usaha LPTQ dalam meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al’Quran pada masyarakat Kota Metro, sekaligus komitmen dan perhatian Pemerintah Kota Metro terhadap setiap pelaksanaan kegiatan LPTQ.


Hery Suliyanto selaku Ketua Umum LPTQ Provinsi Lampung, dalam sambutannya menegaskan agar fungsi dan peranan aktual yang diharapkan dari keberadaan LPTQ tidak hanya sekedar memperkuat dan melestarikan apa yang telah ada, akan tetapi harus mampu melahirkan gagasan-gagasan dan langkah-langkah baru yang signifikan untuk membina dan memajukan berbagai aspek yang terkait dengan per-MTQ-an.

“Selamat bermusabaqah, dan berkompetisilah dengan jujur dan alasan kebenaran nurani untuk senantiasa menghamparkan pesan-pesan Ilahi”, ucapnya.

Walikota Metro, Achmad Pairin, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan MTQ tersebut dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai qur’ani dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan mengangkat Tema, “Dengan Dilaksanakannya MTQ Ke-13 Tingkat Kota Metro, Kita Tanamkan Kecintaan Keluarga Kita, Pada Kandungan Ayat Suci Al-Qur’an Dan Kita Amalkan Ajarannya Dalam Kehidupan Sehari-Hari”, Walikota Metro mengharapkan event keagamaan seperti MTQ tersebut dapat menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, serta mampu menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan didaerah melalui syiar Islami. Hal tersebut tentunya

Didalam sambutannya, Achmad Pairin menyampaikan pesan kepada peserta lomba agar dapat memberikan penampilan yang terbaik dan menjaga kesehatan, dan kepada segenap Dewan Hakim agar dapat melaksanakan tupoksinya dengan baik dengan memberikan penilain yang objektif kepada peserta. Tidak hanya itu, Walikota Metro memberi dukungan kepada sang juara yang akan mewakili Kota Metro dalam lomba MTQ Tingkat Provinsi Lampung dengan memberikan reward bagi yang nantinya dapat meraih juara I Tingkat Provinsi yaitu berangkat umroh ke tanah suci, bagi juara menerima II 10 juta rupiah, dan juara III akan menerima 5 juta rupiah.

Usai sambutan dilanjutkan dengan pemukulan bedug oleh Walikota Metro didampingi oleh Fokorpimda Kota Metro dan Ketua Umum LPTQ Provinsi Lampung, sebagai tanda telah dibukanya MTQ ke-13 Tingkat Kota Metro, serta penyerahan Piala Bergilir Walikota Metro untuk Juara Umum MTQ. Dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Metro dan Ketua GOW Kota Metro dan disertai dengan kunjungan ke berbagai stand pameran yang berada di lokasi pembukaan MTQ.



Dalam pembukaan MTQ ke 13 Kota Metro tersebut, dihadiri Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Ketua Metro Djohan, Ketua Umum LPTQ Provinsi Lampung Hery Suliyanto, Ketua DPRD Kota Metro Anna Morinda, Unsuf Fokorpimda Kota Metro, Plt. Sekda Kota Metro Bangkit Haryo Utomo, Para Staf Ahli Walikota dan Asisten Sekda Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemkot Metro, Ketua TP-PKK Kota Metro Heriyati Achmad Pairin, Ketua GOW Kota Metro Siti Aisyah Djohan, Camat dan Lurah se-Kota Metro, Dewan Hakim Kafilah Ke-14 Tingkat Kota Metro, serta Para Kafilah MTQ Kecamatan se-Kota Metro.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar